Langsung ke konten utama

MALUKU


                     
      MALUKU

Budaya Maluku adalah aspek kehidupan yang mencakup adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lainnya yang dijalani dan diberlakukan oleh masyarakat Maluku.i
1.Maluku adalah sekelompok pulau yang merupakan bagian dari Nusantara.
2.Maluku berbatasan dengan Timor di sebelah selatan, pulau Sulawesi di sebelah barat, Irian Jaya di sebelah timur dan Palau di timur laut.
3.Maluku memiliki beragam budaya dan adat istiadat mulai dari alat musik, bahasa, tarian, hingga seni budaya.
Bahasa
  Beberapa bahasa yang paling umum dipetuturkan di Maluku yaitu: Bahasa Wemale, dipakai penduduk Negeri Piru, Seruawan, Kamarian, dan Rumberu (Kabupaten Seram Bagian Barat). Bahasa Alune, dipakai di wilayah tiga batang air yaitu Tala, Mala, dan Malewa di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat.

 •Agama 
 Penduduk maluku menganut 3 agama antara lain:

  1. Islam
  2. Kristen protestan &
  3. Katolik

•CIRI KHAS: 10 Masakan Khas  Maluku


        1.Gohu Ikan masakan khas maluku

Nama masakan ini Gohu ikan atau Sashimi Ternate dari Maluku. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna yang dipotong-potong kecil. Ikan yang disajikan untuk masakan Gohu ikan, tidak menggunakan api sama sekali. Itu sebabnya kenapa makanan ini disebut juga dengan Sashimi Ternate.



2.Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala Banda adalah makanan yang berasal atau asli dari kepulauan Banda, Maluku. Masakan ini adalah masakan yang paling diunggulkan oleh masyarakat Banda, karena aromanya dipercaya mampu menggugah selera makan. Hal ini yang menyebabkan masakan ini menjadi hidangan utama pada jamuan untuk tamu-tamu penting yang berkunjung ke Banda.



3. Nasi Lapola
Nasi lapola adalah makanan khas Maluku yang dimasak dengan menggunakan kacang tolo. Beras yang dimasak dengan api kecil sampai setengah matang lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, dan garam, lalu diaduk rata. Setelah itu adonan nasi lapola ini dikukus hingga matang.


4.Papeda

Papeda terbuat dari bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Namun papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue. Papeda ini memiliki tekstur yang lengket seperti lem dan rasanya tawar. Papeda sebaiknya disantap saat masih panas. Cara menyantapnya pun cukup unik, yaitu dengan tidak menggunakan sendok melainkan langsung diseruput dari piringnya




5. Ikan Komu Asar

Ikan komu asar ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bamboo lalu diasap selama kira-kira satu jam. Biasanya ikan asar dibuat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.


7. Sambal Colo Colo

Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas Ambon yang terkenal sangat pedas rasanya. Sambal colo-colo ini telah menjadi pelengkap wajib bagi masyarakat Maluku. Sambal colo-colo terbuat dari tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis. Tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang. Dapat juga ditambahkan kecap manis.


8. Talam Sagu Bakar

Inilah makanan khas Maluku lainnya yang terbuat dari sagu. Mula-mula, sagu direndam dan dihaluskan. Sementara itu gula merah dimasak. Lalu, sagu dan gula merah ditiriskan dan dicampur, lalu ditambahkan gula pasir dan diaduk hingga kental. Lalu ke dalam adonan talam sagu bakar ini ditambahkan mentega, kacang brenebon (kacang merah), dan kenari. Setelah itu, adonan ini dibakar hingga kering. Talam sagu bakar ini rasanya manis dengan citarasa yang khas berkat campuran kenari dan kacang brenebon. Rasanya sangat nikmat dan cocok disajikan cemilan.


9. Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi merupakan makanan khas Maluku yang saya yakin sudah cukup kita kenal. Bahkan, ini adalah salah satu makanan favorit saya. Kita semua pun pasti bisa membuatnya. Pertama-tama, sagu lempengan direndam dalam air hingga mengembang. Setelah itu airnya dibuang dan ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dalam air hingga gula larut. Setelah itu air gula ini dicampurkan dengan sagu yang telah lunak dan ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang diberi santan kental dan taburan kenari rasanya sangat lezat.

  
10. Kopi Sibu-sibu

Kopi sibu-sibu ini berasal dari kopi jenis robusta yang dihaluskan dengan cara tradisional. Rasanya sangat khas karena dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan ditaburi dengan biji ketapang muda


•Potensi unggulan maluku 

     Ilham menjelaskan Maluku memiliki isu strategis dalam pengembangan potensi unggulan daerah, yaitu:
1.Maluku sebagai lumbung ikan nasional
2.Maluku sebagai Provinsi rempah-rempah
3. Pengembangan Pariwisata Bahari
4. Pengembangan Pertambangan & Energi

•Daya tarik wisata

1. Pulau Bair

Keunikan dan daya tarik Pulau Baiir adalah air lautnya berwarna hijau, tenang dan jernih sehingga dari atas perahupun sudah bisa melihat kecantikan taman laut yang ada dibawahnya. Vegetasi mangrove dan tebing batu seakan memanjakan mata, bahkan keindahan pulau ini tak kalah dengan Raja Ampat di Provinsi Papua yang sudah mendunia.


2. Pulau Molana

Terletak di Desa Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah ternyata menyimpan potensi wisata yang mampu bersaing dengan tempat wista yang sudah popular di Indonesia. Pukau Molana mempunyai pantai berpasir putih, keindahan alam bawah laut dan juga sudah tersedianya fasilitas inap bagi wistawan yang berkehendak bermalam disini.

3. Pulau Pombo

Hamparan pasir putih yang mengelilinginya dan air lautnya terlihat gradasi warna hijau kebiruan yang menjadikan pulau ini makin terlihat anggun. Pulau Pombo berada di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Dari Kota Ambon bisa diakses menggunakan speedboad dari Tulehu.
                   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAU KEMANA SETELAH LULUS SMK?

 Pengumuman kelulusan baru saja berlangsung. Tentu banyak di antara kita yang menjadi bersuka-cita oleh  karena itu telah berhasil menempuh Ujian Nasional dengan baik dan lulus. Tetapi, sebaiknya jangan berlama-lama larut dalam kegembiraan. Kita perlu segera mempersiapkan langkah-langkah kita selanjutnya demi mewujudkan masa depan yang kita impikan. Pada masa kelulusan ini, bisa disebut dengan para lulusan SMK memiliki lebih banyak alternatif peluang dibanding mereka yang lulus dari SMA. Ini tidak berlebihan. Para siswa SMK memang tidak hanya mendapatkan pelajaran keilmuan, tetapi juga mendapatkan banyak program keahlian. Sebagaimana yang telah disebutkan, para lulusan SMK telah dibekali oleh sekolahnya berbagai bidang keterampilan. Mereka yang mengambil jurusan pariwisata dan perhotelan, tentu telah menguasai seluk-beluk dunia pariwisata dan perhotelan . Begitu juga mereka yang berasal dari SMK bidang administrasi, Tata boga, jaringan komputer, otomotif , atau yang lainnya. Lantaran h

Tentang diriku

kenalan skuyyyy... Perkenalkan nama saya siti nurjannah saya tinggal di bandung ,kalian tinggal dimana?siapa nama nya ?hihihi    hallo teman teman, jangan lupa follow me sitinrjn_  yaaa wkwkwk ☺  jangan lupa senyum hari ini dan seterusnya happy always ❤